KUSUT! Trump Saja ‘MENGAKUI’ Kemelut Hongkong ‘MENGGANGGU’ Pakta Damai Perang Dagang

RUU tersebut sedang dipertimbangkan oleh DPR AS. Pemimpin redaksi Global Times Hu Xijin dalam tweeted terpisah menuliskan China dapat melarang semua pemegang paspor diplomatik AS mengunjungi Xinjiang dan juga dapat memberlakukan pembatasan visa terhadap anggota parlemen AS.

Dia tidak menyebutkan bagaimana dia mendapatkan informasi ini. Kementerian luar negeri China dan kedutaan AS di Beijing tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari laporan kemungkinan tindakan pemerintah China.

Para ahli dan orang-orang yang dekat dengan Gedung Putih mengatakan perjanjian perdagangan AS-China tidak dapat ditandatangani sampai tahun depan. Tetapi penasihat Gedung Putih Kellyanne Conway mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa kesepakatan itu masih mungkin dilakukan sebelum akhir tahun ini.

Jika tidak ada kesepakatan, AS akan menerapkan tarif impor 15% barang dari Tiongkok senilai US$ 156 miliar yang mulai berlaku 15 Desember 2019. “Jika tidak ada yang terjadi antara sekarang dan kemudian, presiden telah membuat cukup jelas dia akan memasukkan tarif,” kata Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross kepada Fox Business Network yang dikutip Reuters.

Ditanya apakah pemerintahan Trump bersedia untuk memutar kembali tarif impor yang berlaku saat ini?, Ross menambahkan: “Itu semua tergantung pada perilaku mereka (China) sekarang dan kemudian.”

{loadposition socialshare}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *