Kusut! Tarik Ulur Negosiasi Perang Dagang Sungguh Nyata Penuh Ketidakpastian

Ahli strategi mengatakan proses impeachment terhadap presiden dapat membuat negosiator China percaya bahwa Presiden Donald Trump membutuhkan kemenangan di dalam negeri, tetapi mereka mengatakan pemilihan bisa menjadi katalis yang lebih besar baik untuk Gedung Putih dan China. Senator Elizabeth Warren, kandidat Demokrat yang sedang melonjak yang sekarang memimpin dalam beberapa jajak pendapat, adalah seorang yang tidak dikenal dan jika terpilih ia mungkin lebih keras terhadap China dalam hal hak asasi manusia dan masalah lain selain Trump. 
Tetapi ada juga pandangan bahwa China mungkin ingin menunggu pemilihan untuk melihat siapa yang akan duduk di seberang meja perundingan. Adapun Trump, secara luas diharapkan dia akan mencari kesepakatan sebelum pemilihan. “Peringkat persetujuan presiden sangat berkorelasi dengan kemungkinan kesepakatan Cina datang,” kata Dan Clifton, kepala penelitian kebijakan di Strategas. 
Clifton mengatakan kesepakatan mungkin akan segera tercapai yang tidak akan se komprehensif yang dicari Gedung Putih. Kesepakatan slimmed-down kemungkinan akan disajikan sebagai langkah pertama. “Apa yang berubah adalah tarif yang tergeser pada bulan Mei telah mulai menimbulkan rasa sakit di kedua sisi,” kata Clifton. 
Ahli strategi itu mengatakan kemungkinan besar tarif yang dijadwalkan untuk 15 Oktober akan ditunda. Jika tidak dihentikan, tarif barang industri akan naik menjadi 30% dari 25%. “Itu berarti rantai pasokan akan mempercepat [Cina] lebih cepat,” kata Clifton. “Untuk itulah mereka datang ke sini – untuk menunda itu.” 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *