KUSUT! Ketegangan AS dan China Jelang Diplomasi Perang Dagang Malah ‘SEMAKIN MEMANAS’

“Secara khusus, entitas ini telah terlibat dalam pelanggaran HAM dan pelanggaran dalam pelaksanaan kampanye penindasan China, penahanan massal sewenang-wenang, dan pengawasan berteknologi tinggi terhadap warga Uighur, Kazakh, serta anggota kelompok minoritas Muslim lainnya di Xinjiang,” kata Departemen Perdagangan AS dalam keterangan resminya yang dikutip Bloomberg, Selasa (8/10).

Dengan masuknya 28 perusahaan ke dalam daftar hitam, mereka dilarang membeli komponen dari perusahaan AS tanpa persetujuan pemerintah AS. Hal ini berpotensi melumpuhkan produksinya. Kebijakan ini mengikuti cetak biru yang sama yang juga digunakan AS dalam upayanya membatasi pengaruh Huawei Technologies Co Ltd dengan alasan keamanan nasional.

Hikvision merupakan perusahaan China dengan nilai kapitalisasi sekitar US$ 42 miliar. SenseTime adalah salah satu unicorn AI paling berharga di dunia, sedangkan Megvii saat ini bernilai sekitar US$ 4 miliar. Perusahaan-perusahaan lain yang masuk dalam daftar hitam antara lain perusahaan pengenalan suara iFlytek Co, Zhejiang Dahua Technology, Xiamen Meiya Pico Information Co dan Yixin Science and Technology Co.

{loadposition socialshare}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *