Kuroda: Suku Bunga Negatif Akan Menjadi ‘INSTRUMEN UTAMA’

ForexSignal88.com l Jakarta, 21/10/2019 – Untuk Menghadapi Peningkatan Risiko di Luar Negeri* Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda mengungkapkan Bank of Japan akan menurunkan suku bunga tenor pendek hingga menengah jika diperlukan untuk melonggarkan kebijakan moneter.

Hal ini menunjukkan bahwa suku bunga negatif akan menjadi instrumen utama untuk menghadapi peningkatan risiko di luar negeri. Mengutip Reuters, Kuroda mengatakan bahwa BoJ suadh memiliki kerangka kerja fleksibel yang memungkinkannya untuk mempercepat pembelian dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) jika pasar tidak stabil.

Ini menandakan kesiapannya untuk menurunkan harga saham dengan moderat tanpa merusak sentimen bisnis. “Secara keseluruhan, prospek perekonomian dunia menjadi kurang bagus. Dan waktu (kenaikan) pertumbuhan ekonomi dunia agak tertunda,” kata Kuroda kepada Reuters seperti dikutip Minggu (20/10).

Kuroda menambahkan, risiko terus meningkat. “Jika kita perlu pelonggaran moneter lebih lanjut, kita tentu akan memangkas suku bunga jangka pendek hingga menengah. Tetapi kami tidak ingin memangkas suku bunga bertenor panjang,” katanya usai menghadiri pertemuan IMF-World Bank Sabtu (19/10).

Pernyataan tersebut menggarisbawahi keprihatinan BOJ atas efek perang dagang AS-China dan penurunan permintaan global yang berdampak pada ekonomi Jepang dan mendorongnya untuk meningkatkan stimulus moneter pada awal bulan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *