Konflik Timur Tengah Menaikkan Harga Minyak Selama Sepekan Kemarin, Apa Dampaknya?!

ForexSignal88.com l Jakarta, 20/05/2019 – Meningkatnya ketegangan yang terjadi di Timur Tengah telah membawa sejumlah kekhawatiran akan ketersediaan pasokan minyak di pasar global. Minggu, (12/5/2019), otoritas Uni Emirat Arab (UEA) mengabarkan bahwa telah terjadi sabotase pada empat kapal tanker komersial di dekat perairan Fujairah, yang mana salah satu hub perdagangan international yang terbesar di sekitar Selat Hormuz, mengutip Reuters.

Sehari berselang, Menteri Energi Arab Saudi, Khalid al-Falih mengatakan bahwa dua dari empat kapal tanker yang menjadi korban sabotase merupakan milik kerajaan dinasti Saud, mengutip Reuters. Untungnya dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa maupun laporan tumpahan minyak.

Namun itu cukup membuat pasar khawatir akan ketersediaan pasokan di pasar global, karena satu per lima dari konsumsi minyak dunia dikirim melalui Selat Hormuz. Pasukan pengawal revolusi Iran (Islamic Revolutionary Guard Corps/IRGC) juga disebut sebagai fasilitator penyerangan empat kapal tanker (termasuk 2 milik Arab Saudi) di Fujairah, UEA pada hari Minggu (12/5/2019), berdasarkan keterangan perusahaan penilai Norwegia, mengutip Reuters.

Seakan belum cukup panas, pada hari Selasa (14/5/2019) Al-Falih mengatakan telah terjadi penyerangan pada dua fasilitas di jaringan pipa minyak milik perusahaan Saudi Aramco oleh drone yang dilengkapi dengan alat peledak. Arab Saudi menuding Iran sebagai dalang dibalik penyerangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *