Komentar Kontroversial Wakil Perdana Menteri Italia Paksa Euro ke Selatan

ForexSignal88.com l Jakarta, 15/05/2019 – Euro melemah terhadap dolar AS pada hari Selasa setelah wakil perdana menteri Italia mengatakan, jika perlu, negaranya siap untuk melanggar aturan anggaran Uni Eropa guna memacu sektor pekerjaan.

“Jika kita perlu melanggar beberapa batasan, seperti 3% (rasio defisit terhadap PDB) atau 130-140% (rasio utang terhadap PDB), kami siap untuk terus maju. Sampai kita tiba pada [tingkat] pengangguran 5%, kami akan menggunakan semua yang kami miliki, dan jika seseorang di Brussels mengeluh, itu tidak akan menjadi perhatian kami,” kata Matteo Salvini.

“Ada kekhawatiran baru tentang Italia,” kata Win Thin, kepala strategi mata uang global di Brown Brothers Harriman di New York.

Dolar AS juga terangkat karena pejabat AS dan China mengatakan kedua negara akan terus bernegosiasi tentang sengketa perdagangan.

Presiden AS Donald Trump pada hari Selasa membela strategi perang dagangnya dengan China ketika ketegangan terus meningkat dan pasar keuangan memperpanjang kerugiannya.

Trump menjanjikan kesepakatan dengan Presiden China Xi Jinping segera, bahkan ketika kekhawatiran semakin meningkat tentang berlarutnya pertempuran dagang dua raksasa ekonomi dunia tersebut.

Berlanjutnya ketidakpastian tentang apakah suatu perjanjian dapat segera diraih berpotensi mendukung mata uang safe haven, termasuk dolar AS dan yen Jepang.

“Ada terlalu banyak ketidakpastian,” kata Thin dari Brown Brothers Harriman.

“Saya pikir segalanya akan menjadi lebih buruk sebelum mereka menjadi lebih baik,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *