Kisut Dah Ah! Perang Dagang Mulai Menekan Output Industri Dan Retail Sales China

ForexSignal88.com l Jakarta, 15/08/2019 – Departemen Statistik China merilis data output industri periode Juli di level 4.8 persen. Data dalam basis tahunan itu melambat dari bulan sebelumnya sebesar 6.3 persen, dan menorehkan laju kenaikan paling lemah sejak Februari 2002. 
 
Laporan output Industri itu juga berada jauh di bawah konsensus ekonom yang memprediksi pencapaian di 6.0 persen. Secara year to date (YDT), output industri China juga menunjukkan perlambatan ke level 5.8 persen. 
 
Kondisi ini semakin menegaskan bahwa dampak perang dagang dengan AS secara perlahan mulai memukul sektor pabrikan negeri Tirai Bambu di awal kuartal ketiga tahun ini.  Dalam waktu bersamaan, Departemen Statistik China juga merilis data penjualan ritel bulan Juli yang naik 7.6 persen, jauh lebih rendah ketimbang data bulan sebelumnya yang mencatat gain 9.8 persen. 
 
Angka tersebut juga berada di bawah forecast ekonom yang memprediksi kenaikan ke 8.6 persen dari tahun sebelumnya. Kondisi perlambatan juga terjadi pada Fixed Asset Investment yang hanya naik sebesar 5.7 persendi bulan Juli secara year-to-date (YDT). 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *