Kilau GOLD Semakin Redup

Forexsignal88.Com – Cahaya emas yang biasanya berkilau sepertinya semakin meredup sekarang ini. Daya taril safe haven ini mulai ditinggalkan dengan adanya kabar dari vaksin yang semakin dekat dengan harapan para investor. Sepanjang tahun ini, harga emas naik 25 persen. Pada awal Agustus, harga emas melonjak menjadi $ 2075 per ounce, harga tertinggi dalam sejarah, dengan jatuhnya pasar saham global.

Kemarin hari XAU/USD berusahan melakukan perlawanan keatas namun usahanya sia-sia. Bukan saja tenaga yang diperlihatkan masih lemah, pergerakannya pun selalu kembali ke level bawah lagi. Jika dilihat dari segi USD nya bisa dilihat bahwa USD sedang melemah terus, namun Gold masih belum bisa mengambil kesempatan ini untuk berkilau. Reli emas telah melambat dalam beberapa pekan terakhir karena harga emas turun tajam di tengah sentimen investor yang membaik, kembali ke selera risiko dan indeks saham global memasuki area rekor.

Indeks Dolar AS dapat mengunjungi kembali terendah 2020 di dekat 91,70
Indeks tetap tertekan di lingkungan 92,00 – area yang bertepatan dengan garis support 8-bulan – menyusul banyaknya rilis data di kalender AS dan bias pasar yang berlaku terhadap aset berisiko.

Dolar nyaris tidak bereaksi setelah Klaim Awal mingguan naik 778 ribu, kehilangan konsensus, dan PDB Q3 kilat menunjukkan ekonomi terlihat berkembang 33,1%, sesuai dengan pembacaan sebelumnya.

Karena wabah epidemi COVID-19 tahun ini, dividen saham dari perusahaan terbesar di dunia akan turun pada tahun 2020 sekitar 17,5% hingga 20%, setara dengan $ 263 miliar, meskipun mereka mungkin akan bangkit kembali tahun depan. Ini akan menjadi penurunan terbesar sejak 2009 di awal krisis keuangan global.

Prospek USD sendiri kurang bai mendekati akhir tahun ini. Indeks USD tetap dalam posisi defensif dan tidak menutup kemungkinan kunjungan ke posisi terendah tahun 2020 dekat 91.70 dalam jangka pendek. Suasana yang lebih baik dalam kompleks risiko ini didukung lebih lanjut oleh skenario politik AS yang lebih jelas dalam kombinasi dengan berita vaksin yang menguntungkan dan prospek pertumbuhan yang lebih baik. Selain itu, harapan akan stimulus fiskal tambahan telah muncul kembali dan bersama dengan sikap “lebih rendah untuk lebih lama” dari Federal Reserve terlihat menjaga uang di bawah tekanan ekstra untuk saat ini.

Analisa Teknikal XAU/USD Hari Ini