Ketidakpastian Perang Dagang Ternyata Juga Turut Menekan Perekonomian Jerman Loh!

ForexSignal88.com l Jakarta, 17/09/2019 – Kiel Institute for the World Economy (IfW) memprediksi, perekonomian Jerman akan jatuh ke jurang resesi pada kuartal yang tengah berjalan saat ini. Terkait hal itu, IfW  memangkas prediksi pertumbuhan untuk negara dengan perekonomian terbesar di Eropa tersebut akibat perang dagang dan ketidakpastian Brexit.

Melansir Reuters, IfW memprediksi, pada kuartal III 2019, perekonomian Jerman akan turun 0,3% dari kuartal sebelumnya yang terkontraksi 0,1%. Institut ini juga memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi Jerman di tahun ini menjadi 0,4% dari sebelumnya 0,6%.

Sedangkan untuk tahun 2020, IfW melihat bakal ada pertumbuhan sebesar 1,0%. Meski demikian, prediksi itu lebih rendah dari estimasi sebelumnya sebesar 1,6%. Adapun untuk 2021, IfW memprediksi ekspansi sebesar 1,4%.

“Masalah utamanya ada pada perselisihan perang dagang Donald Trump, bukan karena kenaikan tarifnya, melainkan ketidakpastian mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya. Ketidakpastian merupakan racun untuk keputusan investasi,” papar Presiden IfW Gabriel Felbermayr seperti yang dikutip Reuters.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *