Kemilau Harga Emas ‘MEREDUP’ Setelah Sentuh dan Tembus $1600an

Forexsignal88.Com – Harga emas berjangka mundur setelah melompat di atas level US$1.600 untuk pertama kalinya dalam hampir tujuh tahun pada hari Rabu (8/1/2020). Pelemahan terjadi karena kekhawatiran konflik yang lebih besar di Timur Tengah mereda karena retorika yang lebih ringan antara Iran dan Amerika Serikat. 
 
Spot gold turun 1,21% menjadi US$1.554,77 per ounce, setelah melonjak ke US$1.610,90 di awal sesi, level tertinggi sejak Maret 2013. Sementara itu, emas berjangka AS menetap turun 0,8% pada US$1560.2. 
 
“Harapannya adalah kita tidak akan melihat perang, jadi kamu mungkin melihat kelembutan. Sisa katalis tetap di tempat untuk emas,kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA. Emas melonjak sebanyak 2,4% dalam sesi setelah Iran menyerang pasukan pimpinan AS di Irak sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak A.S yang menewaskan seorang komandan militer Iran minggu lalu. 
 
Serangan AS menyebabkan ketakutan akan perang baru di Timur Tengah. Namun, Amerika Serikat mengatakan tidak mengetahui adanya korban akibat serangan Iran. Tweet dari para pejabat Iran yang menyatakan bahwa Teheran tidak menginginkan perang dan bahwa serangannya menyimpulkan tanggapannya terhadap pembunuhan hari Jumat, dan komentar Presiden AS Donald Trump bahwa semuanya baik-baik saja, membantu meredakan kekhawatiran akan konflik di wilayah tersebut. 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *