Kekuatan Rally Yen Pagi Ini

ForexSignal88.Com I Jakarta, 29/07/2016.  Kekuatan rally yen pagi ini (Jumat 29/07) didapat dari mantapnya beberapa rilis data ekonomi yang menunjukkan perbaikan kinerja baik pasar tenaga kerja dan juga penjualan sektor ritel negeri Jepang.

Beberapa instansi pemerintah Jepang hari ini melaporkan beberapa data yang sedikit menggambarkan kondisi ekonomi di negeri sakura tersebut. Data yang memberikan semangat yen untuk lanjut rally yaitu data unemployment rate yang turun dan data retail sales yang kontraksinya semakin berkurang.

Sebelumnya yen menguat oleh ekspektasi keputusan kebijakan moneter BOJ pagi ini yang tidak akan memberikan stimulus tambahan ataupun kebijakan yang ekstrem, setelah Federal Reserve umumkan perkembangan Fed rate yang tidak berubah. Yen menguat demikian juga dengan emas setelah Bank of Japan mengumumkan kebijakan moneter Jepang, sementara saham di Tokyo berfluktuasi. Minyak menuju penurunan bulanan terbesar dalam setahun.

Dalam salah satu pertemuan yang paling penting sebagai Gubernur BOJ, Haruhiko Kuroda menambah target bank sentral untuk pembelian exchange-traded fund (ETF) senilai 6 triliun yen ($ 58 miliar), sekaligus menjaga target untuk pembelian obligasi pemerintah dan kebijakan suku bunga tidak berubah. Yen menguat 2,2 persen terhadap dolar AS, indeks Topix berfluktuasi, sementara imbal hasil obligasi pemerintah Jepang naik. Emas naik 0,5 persen dan minyak tergelincir 0,2 persen.

Pasar yang bergejolak di menit menjelang pengumuman BOJ, dengan ayunan di Nikkei 225 Indeks saham berjangka dan yen melebihi 3 persen dan 1 persen, masing-masing. Indeks Topix naik 0,3 persen menjadi 1,310.86 pada 13:09 di Tokyo setelah sebelumnya anjlok sebanyak 1,4 persen. Nikkei 225 Stock Average turun 0,3 persen. Yen melonjak 1,6 persen menjadi 103,62 per dolar.

BOJ memutuskan untuk menaikkan hampir dua kali lipat target untuk pembelian ETF yaitu sebesar 6 triliun yen ($ 58 miliar). Dalam perkembangan tak terduga, Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda telah memerintahkan penilaian terhadap efektivitas kebijakan bank sentral, yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya yang dijadwalkan di bulan September mendatang.

{loadposition socialshare}


Artikel Terkait Lainnya

{loadposition artikelterkait}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *