Kekhawatiran Wabah Virus Corona Memang Dashyat, Namun Hal Ini yang Menyebabkan Pound Masih Dalam Tekanan

ForexSignal88.com l Jakarta, 30/01/2020 – Penyebaran virus corona masih menjadi penggerak utama pasar finansial pada beberapa hari ini. Virus yang berasal dari kota Wuhan China ini sudah menewaskan 138 dan menjangkiti 4.515 lainnya di negeri Tiongkok.

Selain China yang merupakan asal virus Corona, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Nepal, Prancis, Australia, AS, dan Kanada merupakan negara-negara yang sudah mengindentifikasi kasus yang sama.

Semua pasien tersebut pernah berpergian atau datang dari China. Jumlah korban meninggal yang bertambah banyak dalam waktu singkat, serta penyebarannya ke berbagai negara membuat pelaku pasar semakin cemas dan cenderung untuk keluar dulu dari aset-aset riskan berimbal hasil tinggi, dan masuk ke aset-aset aman (safe haven).

Dalam hal ini dolar AS yang menyandang status safe haven mendapat keuntungan. Meski demikian, poundsterling sebenarnya lebih tertekan akibat bank sental Inggris (Bank of England) yang diprediksi akan memberikan sinyal suku bunga akan dipangkas dalam waktu dekat saat mengumumkan kebijakan moneter pada Kamis (30/1/2020) nanti.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *