Kekhawatiran Covid dan Kebijakan QE Bank-bank Sentral Terus Mendorong Harga Emas ke Atas

Forexsignal88.com – Harga emas dunia akhirnya melewati level psikologis US$ 1.800/troy ons pada Rabu (8/7/2020). Status aset aman (safe haven) yang disandang emas memainkan perannya dalam penguatan sesi perdagangan tengah pekan kemarin.

Kecemasan akan lonjakan kasus penyakit akibat virus corona (Covid-19) membuat permintaan akan safe haven kembali meningkat.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) memperingatkan akan kemungkinan terjadi peningkatan jumlah korban meninggal yang signifikan setelah terjadi akselerasi penambahan kasus penyakit akibat virus corona (Covid-19) di bulan Juni lalu.

Pelaku pasar kembali cemas akan kemungkinan diterapkannya kebijakan karantina (lockdown) lagi, yang berisiko membawa perekonomian global mengalami resesi yang dalam dan panjang.

Saat resesi panjang terjadi, kebijakan moneter tidak biasa (unconventional) seperti program pembelian aset (obligasi dan surat berharga lainnya) atau yang dikenal dengan quantitative easing (QE) oleh berbagai bank sentral di dunia akan berlangsung lebih lama.