Kecemasan Perang AS Vs Iran ‘PUNAH’ Menekan Harga Emas

Forexsignal88.Com – Harga emas jatuh pada hari Kamis (9/1/2020), setelah melewati level kunci US$1.600 untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun di sesi terakhir. Para pelaku pasar logam mulia bertaruh Amerika Serikat dan Iran tidak akan melakukan konflik lebih lanjut, meningkatkan pengambilan risiko. 

Spot gold turun 0,6% menjadi US$1.546,33 per ounce, setelah sebelumnya merosot ke US$1.539,78 per ounce. Emas berjangka AS 0,8% lebih rendah pada US$1.547,40 per ounce. “Kembalinya selera risiko berarti bahwa aset yang aman seperti emas telah menderita dari beberapa aksi ambil untung dan mungkin saja bisa berlanjut sedikit lebih lama,” kata analis Standard Chartered Bank Suki Cooper.

Harga emas turun setelah naik sebanyak 2,4% pada hari Rabu pagi untuk menembus di atas level US$1.600 kunci setelah serangan balasan Iran pada pangkalan militer yang menampung pasukan AS di Irak. 

Kekhawatiran perang yang lebih luas di Timur Tengah mereda setelah Presiden AS Donald Trump menahan diri dari memerintahkan lebih banyak aksi militer pada hari Rabu dan diplomat menteri luar negeri Iran mengatakan serangan rudal “menyimpulkan” respons Teheran. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *