Jiah! Asumsi Terburuk: Perang Senjata Terbuka AS Vs China

ForexSignal88.com l Jakarta, 06/05/2020 – China menghadapi gelombang sentimen anti-China yang meningkat di tengah merebaknya wabah virus corona (COVID-19). Gelombang anti-China yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) itu berpotensi membuat kedua negara terlibat perang senjata.

Setidaknya, ini adalah pernyataan dari sebuah laporan internal China yang disajikan awal bulan lalu oleh Kementerian Keamanan Negara kepada para pemimpin China, termasuk Presiden Xi Jinping.  

“Akibatnya, Beijing menghadapi gelombang sentimen anti-China yang dipimpin oleh Amerika Serikat setelah pandemi dan perlu dipersiapkan dalam skenario terburuk untuk konfrontasi bersenjata antara kedua kekuatan global,” tulis Reuters, mengutip sumber yang menolak untuk disebutkan identitasnya itu, Selasa (5/5/2020).

Menurut media itu, laporan tersebut disusun oleh Institut Hubungan Internasional Kontemporer China (CICIR). Lembaga ini adalah think tank berpengaruh, yang sampai tahun 1980 berada di dalam Kementerian Keamanan Negara, dan memberi saran kepada pemerintah tentang kebijakan luar negeri dan keamanan.

Lebih lanjut, media berbasis di Inggris itu menegaskan bahwa mereka tidak dapat menentukan sampai sejauh mana penilaian gamblang yang dijelaskan dalam laporan ini mencerminkan posisi yang dipegang oleh para pemimpin negara China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *