Jepang: Hindari Resesi Akibat Pandemi Corona, Pembuat Kebijakan di BOJ Gunakan Stimulus Fiskal dan Moneter yang Besar

ForexSignal88.com l Jakarta, 26/03/2020 – Bank sentral Jepang melihat pandemi virus corona (Covid-19) dapat menjerumuskan ekonomi Negeri Sakura dalam stagnasi yang lebih besar, bahkan setelah pelonggaran darurat yang dilakukan.

Bank of Japan (BoJ) telah memperluas stimulus moneternya dalam pertemuan kebijakan tak terjadwal yang dilakukan pada 16 Maret 2020 lalu untuk meredakan ketegangan pendanaan perusahaan dan menenangkan pasar keuangan yang tersentak oleh krisis kesehatan akibat wabah virus corona.

Dalam ringkasan diskusi dalam pertemuan dewan bank sentral tersebut, Gubernur BoJ memandang perlu adanya stimulus lagi untuk menghadapi tetakan dari pandemi Covid-19 tersebut. Ringkasan pendapat dari sembilan anggota komite BOJ menunjukkan kekhawatiran mendalam atas pukulan besar yang dapat ditimbulkan wabah virus terhadap ekonomi Jepang yang sebelumnya sudah terguncang karena kenaikan pajak penjualan tahun lalu.

“Ekonomi Jepang dapat terus stagnan bahkan setelah ekonomi luar negeri pulih, karena dampak virus bisa sangat besar,” kata salah satu anggota dewan dikutip Reuters, Rabu (25/3). Pendapat lain dewan komite bank sentral dalam ringkasan tersebut mengatakan dirinya ragu dengan perkiraan bahwa ekonomi Jepang akan tumbuh lebih kuat begitu virus corona sudah bisa diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *