Bendera Imperial Jepang - Yen

Jepang: Data Produksi Pabrikan Merosot Ke Level Terendah 11 Tahun

Forexsignal88.com – Ekonomi negeri samurai memasuki masa terburuk. Produksi pabrik Jepang pada bulan Mei merosot ke level terendah sejak Maret 2009 ketika terjadi krisis keuangan global. Ini merupakan penurunan selama empat bulan berturut-turut.

Mengutip Reuters, Data Ministry of Economy, Trade and Industry (METI) atau Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang yang dirilis Selasa (30/6) menunjukkan bahwa output pabrik negara Sakura itu pada Mei turun sebesar 8,4% dari bulan sebelumnya ke level 79,1.

Data itu menunjukkan bahwa sektor manufaktur Jepang yang memang sangat bergantung pada ekspor sangat terpukul akibat pandemi Covid-19. Meskipun pencabutan pembatasan aktivitas ekonomi sudah dilakukan di Jepang yang memungkinkan pabrik kembali beroperasi, namun lemahnya permintaan global tetap akan membuat produksi pabrik akan melambat.

Meningkatnya kembali kasus Covid-19 baru-baru di Amerika Serikat (AS), pasar ekspor terbesar Jepang, membuat negara ini tidka akan bisa melakukan pemulihan ekonomi secara cepat. Sementara konsumsi domestik juga masih bisa tertekan karena kekhawatiran gelombang kedua kasus Covid-19 dan meningkatnya angka pengangguran.