Jepang: BOJ Mulai Peringatkan Perbankan Mengenai Resiko Kredit, Kenapa?

ForexSignal88.com l Jakarta, 25/10/2019 – Bank-bank komersial asal Jepang tengah menjajal produk keuangan yang kompleks, namun hal ini berbuntut pada meningkatnya risiko kredit. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh upaya perburuan bank di Jepang untuk menggali potensi imbal hasil (yield).

Melihat fenomena ini, bank sentral Jepang memperingatkan para perbankan akan risiko akumulasi biaya suku bunga ultra-rendah yang berkepanjangan. Perbankan di Jepang memang tengah diterpa margin yang menyempit dan populasi yang semakin menipis.

Bank-bank regional telah meningkatkan pinjaman untuk investasi properti kepada perusahaan-perusahaan dengan tingkat profitabilitas rendah. Hal ini dijabarkan oleh Bank of Japan (BOJ) dalam sebuah laporan analisa sistem perbankan di Jepang.

Kendati perbaikan ekonomi sudah berangsur membaik, beberapa kredit bank mengalami peningkatan risiko lantaran kecilnya standar pinjaman dan meningkatnya jumlah perusahaan yang tertinggal dalam upaya penyelamatan seperti restrukturisasi.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *