Jelang Natal dan Libur Akhir Tahun, Harga Emas Bergerak di Kisaran yang ‘SEMPIT’ Selama Sepekan

ForexSignal88.com l Jakarta, 23/12/2019 – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup negatif pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah sehari sebelumnya terangkat oleh pemakzulan Presiden AS Donald Trump, karena tertekan oleh penguatan dolar AS dan kenaikan ekuitas Wall Street.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Februari turun 3,50 dolar AS atau 0,24 persen, menjadi ditutup pada 1.480,90 dolar AS per ounce. Indeks Dow Jones Industrial Average memperpanjang kenaikannya, bertambah 100 poin lagi pada Jumat (20/12/209), sementara Indeks S&P 500 dan Komposit Nasdaq mengikuti kenaikan Dow.

Ketika ekuitas membukukan keuntungan, emas biasanya turun karena investor tidak perlu mencari tempat yang aman dan mereka cenderung mengalihkan dana-dananya ke saham yang memberikan imbal hasil lebih tinggi.

Tekanan tambahan datang dari dolar. Indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, naik 0,3 persen menjadi sekitar 97,70 pada Jumat (20/12/2019). Dolar AS terapresiasi didukung oleh beberapa data ekonomi positif.

Pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal ketiga naik pada tingkat tahunan 2,1 persen, Departemen Perdagangan AS mengatakan pada Jumat (20/12/2019), di tengah kekhawatiran kinerja yang lemah pada kuartal keempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *