Inggris: Tensi BOE Cut Rate Semakin Bergema

Silvana Tenreyro, salah satu anggota pembuat kebijakan BoE pada Jumat (10/1/2020) lalu mengatakan ia cenderung mendukung pemangkasan suku bunga dalam beberapa bulan ke depan jika pertumbuhan ekonomi tidak mengalami peningkatan.  

Lalu pada Minggu (12/1/2020), Gertjan Vlieghe, yang juga merupakan anggota pembuat kebijakan moneter BoE menyatakan akan memilih memangkas suku bunga dalam rapat kebijakan moneter bulan ini.

Sebagaimana dilansir Reuters, Vlieghe mengatakan akan mengubah keputusannya jika data ekonomi Inggris menunjukkan perbaikan yang signifikan. Secara bersamaan, data ekonomi Inggris justru memburuk. Office for National Statistic (ONS) pada Jumat (17/1/2020) pekan lalu melaporkan penjualan ritel pada Desember turun 0,6% month-on-month(MoM), mematahkan hasil polling Reuters yang memprediksi pertumbuhan 0,5%.

Dengan demikian, penjualan ritel Inggris stagnan 4 bulan beruntun. Dua hari sebelumnya, ONS melaporkan inflasi Inggris di bulan Desember tumbuh sebesar 1,3% secara year-on-year (YoY), lebih rendah dari pertumbuhan bulan sebelumnya 1,5%.

Kenaikan harga-harga di bulan Desember tersebut juga merupakan yang terendah sejak November 2016. Inflasi Inggris berada dalam tren menurun sejak November 2017, saat itu inflasi tumbuh 3,1%. Setelahnya inflasi terus menurun hingga jauh ke bawah target bank sentral Inggris (Bank of England/BoE) sebesar 2%.

{loadposition socialshare}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *