Inggris: Negosiasi Keras Seputar Brexit Masih Menghantui Pergerakan Pound

ForexSignal88.com l Jakarta, 20/02/2020 – Laporan Indeks Harga Konsumen Inggris menunjukkan bahwa laju inflasi meningkat 1.8 persen (Year-on-Year) pada bulan Januari 2020. Ini merupakan peningkatan solid dibandingkan pertumbuhan 1.3 persen pada bulan Desember maupun estimasi awal yang dipatok pada 1.6 persen saja.

Tak pelak, data memusnahkan ekspektasi pemangkasan suku bunga bank sentral Inggris (BoE). “Bagi MPC (BoE), fakta bahwa inflasi berevolusi selaras dengan proyeksinya, menyediakan alasan lain untuk tidak memangkas suku bunga dalam waktu dekat,” ujar Ruth Gregory dari Capital Economics.

Meski demikian, rilis data inflasi hanya berpengaruh positif sejenak saja bagi nilai tukar Pound. Mayoritas pelaku pasar lebih menyoroti adu retorika antara para pejabat Inggris dan Uni Eropa yang makin lama makin sengit.

Padahal, negosiasi dagang antara kedua wilayah belum dimulai. Pihak Inggris bersikeras menuntut sebuah kesepakatan perdagangan bebas yang tak mengharuskan negerinya untuk mengikuti standar dan aturan hukum Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *