Inggris: Kisruh Internal Politik Kembali ‘MENEKAN’ Pound ke Zona Bawah

ForexSignal88.com l Jakarta, 26/09/2019Mata uang poundsterling anjlok pada sesi perdagangan tengah pekan Rabu (25/9/19) akibat intrik politik yang terjadi di Inggris mendekati deadline Brexit 31 Oktober.  Mahkamah Agung Inggris Selasa kemarin memutuskan langkah Perdana Menteri (PM) Boris Johnson membekukan parlemen selama lima pekan sebagai keputusan yang tidak sah. 

Dengan demikian Parlemen Inggris akan aktif kembali pada Rabu pagi waktu setempat.  Keputusan Mahkamah Agung tersebut membuat poundsterling menguat pada perdagangan Selasa, tetapi pada Rabu kemarin justru anjlok tajam. 
Anjloknya poundsterling tidak lepas dari terpecahnya perndapat parlemen tentang pendekatan apa yang akan dilakukan untuk menyelesaikan Brexit.  Elit-elit partai di parlemen memberikan pendapat berbeda-beda, ada yang ingin diadakan pemilu, atau diadakan refendum kembali. 
Ada yang ingin memperkuat undang-undang agar Inggris terhindar dari no-deal Brexit, dan ada yang Inggris PM Johnson mengundurkan diri.  Pimpinan Partai Buruh, Jeremy Corbyn, mengambil sikap netral terhadap Brexit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *