Inggris: GDP Dirilis Meningkat, Pelaku Pasar Masih Wait n See di Pemilu Brexit

ForexSignal88.com l Jakarta, 12/11/2019 – UK Office for National Statistics (ONS) melaporkan bahwa pertumbuhan Gross Domestic Product meningkat 0.3 persen (Quarter-over-Quarter) selama kuartal III/2019. Pencapaian ini jauh lebih baik dibandingkan skor -0.2 persen yang tercatat dalam laporan sebelumnya.

Dengan ini, Inggris dapat dinyatakan lolos dari ancaman resesi. Akan tetapi, pertumbuhan GDP kuartalan meleset dari kenaikan hingga 0.4 persen yang diharapkan oleh pelaku pasar. Data-data ekonomi Inggris lain yang dipublikasikan dalam kurun waktu bersamaan pun menampilkan profil kinerja yang mengecewakan.

Pertumbuhan GDP tahunan menurun dari 1.3 persen menjadi 1.0 persen, lebih buruk dibandingkan ekspektasi pasar yang dipatok pada 1.1 persen. Ini merupakan laju pertumbuhan GDP tahunan paling lambat dalam satu dekade terakhir. Sektor Jasa masih menjadi penggerak utama, tetapi sektor Manufaktur justru membebani bagi perekonomian Inggris.

Data produksi industri dan manufaktur mencetak kinerja minus untuk kesekian kalinya dalam tahun ini. Neraca Perdagangan Inggris juga merosot semakin dalam ke teritori defisit. Secara kumulatif, beragam laporan ekonomi terbaru ini menunjukkan bahwa kondisi Inggris masih cukup tangguh, tetapi mengonfirmasi bias agak dovish yang ditunjukkan oleh bank sentral Inggris (BoE) pekan lalu.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *