ForexSignal88.com l Jakarta, 27/12/2019 – Secara umum dolar Amerika Serikat (AS) dalam kondisi tertekanpada hari Kamis dengan indeks dolar AS berakhir negatif 0,08% di 97,58.

Namun greenback dapat menguat terhadap yen Jepang pada hari Kamis karena optimisme di sekitar meredanya ketegangan perdagangan antara AS dan Cina melemahkan permintaan untuk mata uang safe-haven tersebut, bahkan ketika perdagangan yang tipis menjelang liburan pasangan dolar/yen tetap bergerak besar di pasar valas global.

Beijing mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya semakin erat dengan Washington pada upacara penandatanganan perjanjian perdagangan, sehari setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa ia dan Presiden Cina Xi Jinping akan mengadakan seremoni untuk menandatangani kesepakatan perdagangan yang baru-baru ini dicapai.

Profil risiko terus termoderasi menyusul komentar Trump bahwa perjanjian perdagangan sedang dilakukan. Pada hari perdagangan yang normal, ini mungkin hanya berita biasa, tetapi karena kondisi volume perdagangan tipis, safe-haven seperti JPY semakin tertekan.