ForexSignal88.com l Jakarta, 21/01/2020 – Dolar AS naik ke level terkuat tahun 2020 pada hari Senin setelah data pekan lalu mengkonfirmasi bahwa ekonomi AS bertahan dengan baik, sementara yuan Cina secara singkat mencapai harga tertinggi baru enam bulan.

Namun, secara umum perdagangan kemarin adalah awal yang tenang untuk mata uang, dengan volatilitas valas dekat titik terendah sepanjang.

Para investor fokus pada pertemuan Bank of Japan (BoJ) pada hari Selasa dan pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) hari Kamis.

Volume perdagangan tipis karena menjelang Tahun Baru Imlek di Asia dan dengan pasar AS ditutup untuk peringatan hari Martin Luther King pada hari Senin.

Data pada hari Jumat menunjukkan pembangunan perumahan AS melonjak ke level tertinggi 13 tahun pada bulan Desember. Penjualan ritel juga naik dan indeks aktivitas manufaktur melambung ke level tertinggi dalam delapan bulan.

Kekuatan dalam ekonomi AS menggarisbawahi kinerja relatifnya versus zona euro, meskipun data baru-baru ini menunjukkan titik terendah dalam ekonomi Eropa, serta pemulihan di Tiongkok.

Sementara itu data yang dirilis sejak pertemuan ECB sebelumnya telah positif dan konsisten dengan nada yang sedikit lebih optimis dari Presiden ECB Christine Lagarde pada bulan Desember mengenai prospek ekonomi.

Euro telah gagal mendapatkan banyak manfaat dari beberapa nada yang lebih positif, namun, nilai tukar euro/dolar AS tertahan dengan kuat dalam kisaran perdagangan yang ketat.