ForexSignal88.com l Jakarta, 21/02/2020 – Dolar AS semakin kuat pada hari Kamis, naik ke level tertinggi tiga tahun terhadap sejumlah mata uang rivalnya, setelah penurunan tajam yen Jepang di kala pasar mempertanyakan status safe-haven mata uang ini sementara reli di ekuitas AS berhenti.

Yen jatuh melewati ¥112 ke level terendah 10-bulan terhadap dolar AS yang semakin bersinar pada hari Kamis, memperpanjang kerugian baru-baru ini untuk mata uang Jepang karena kalangan investor cemas tentang berita ekonomi yang buruk dari negara itu.

Terhadap yen, dolar naik 0,71% menjadi ¥112,14, tertinggi sejak April. Yen, yang selalu diuntungkan selama tekanan geopolitik atau keuangan karena Jepang adalah negara kreditor terbesar di dunia, telah merosot sekitar 2% selama dua sesi terakhir, penurunan dua hari terbesar sejak September 2017.

Dolar AS telah melonjak hampir 2% sejak Selasa terhadap yen, mencapai kurs tertinggi dalam hampir 10 bulan, dan greenback naik mendekati level tertinggi tiga tahun terhadap euro.

Indeks dolar AS, mata uang yang paling diperdagangkan di dunia, naik 0,12% ke level tertinggi sejak Mei 2017.