ForexSignal88.com l Jakarta, 20/02/2020 – Dolar AS menguat sekitar 15% pada hari Rabu, mendekati level tertinggi tiga tahun terhadap sejumlah mata uang lainnya. Sedangkan safe-haven yen merosot ke level terendah sembilan bulan seiring berkurangnya jumlah kasus virus corona baru di Cina dan ekspektasi untuk lebih banyak stimulus kebijakan yang meningkatkan minat kalangan investor untuk mengambil risiko.

China mencatat terjadi kenaikan harian terendah dalam kasus coronavirus baru sejak 29 Januari.

Banyak yang melihat data Cina tentang Covid-19 dengan skeptis, tetapi sentimen pasar selanjutnya terangkat oleh laporan Bloomberg bahwa Beijing sedang mempertimbangkan suntikan dana tunai atau merger untuk menyelamatkan maskapai-maskapai penerbangan yang terkena dampak “serangan corona”.

Langkah-langkah Beijing itu diambil setelah pemotongan suku bunga pinjaman jangka menengah di minggu ini, yang telah mendorong harapan pasar untuk penurunan suku bunga pinjaman.

Selain itu, data AS yang kuat dan dapat mendukung keinginan Federal Reserve untuk mempertahankan suku bunga setelah menurunkan biaya pinjaman sebanyak tiga kali pada tahun 2019, juga mendukung greenback.