ForexSignal88.com l Jakarta, 20/12/2019 – Dolar AS hampir mendatar pada sesi perdagangan Kamis saat para pelaku pasar menunggu data produk domestik bruto (PDB) yang dirilis malam nanti.

Greenback sedikit tergerak oleh laporan yang menunjukkan bahwa aktivitas pabrik di kawasan Atlantik tengah hampir terhenti bulan ini.

Dolar AS telah didukung oleh data ekonomi yang kuat yang dilaporkan awal pekan ini, yang telah mereduksi harapan pasar bahwa Federal Reserve akan melanjutkan siklus pemotongan suku bunganya pada tahun 2020.

Data itu, dan antisipasi terhadap PDB, memungkinkan pasar untuk menepis laporan Kamis di mana Indeks Kondisi Bisnis Fed Philadelphia turun menjadi 0,3 pada Desember dari 10,4 pada November.

Para pedagang tampak menahan diri sebelum Biro Analisis Ekonomi pada hari Jumat malam waktu Indonesia melaporkan perkiraan akhir dari PDB AS kuartal ketiga.

Dolar AS juga hanya bergerak sedikit di tengah kabar pemakzulan di Dewan Perwakilan Rakyat AS terhadap Presiden AS Donald Trump atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan penghalangan Kongres.

Berita pemakzulan Trump tidak banyak memengaruhi selera risiko – safe haven yen Jepang menguat terhadap dolar AS meski tidak begitu besar, karena Senat yang dikendalikan Republik secara luas diperkirakan akan membebaskan Trump, membiarkannya melanjutkan tugasnya sebagai presiden AS.