ForexSignal88.com l Jakarta, 15/11/2019 – Dolar AS melemah terhadap rival utamanya pada hari Kamis, karena kekhawatiran perdagangan AS dan Cina yang terefleksi dari data Cina dan Jepang terbaru memicu kekhawatiran pasar bahwa perlambatan global semakin menjadi-jadi.

Data output industri dan penjualan ritel Cina untuk Oktober di bawah perkiraan, sementara ekonomi Jepang tumbuh pada laju paling lambat dalam setahun di kuartal ketiga.

Kekhawatiran perdagangan semakin intensif setelah Wall Street Journal melaporkan bahwa negosiasi perdagangan dua raksasa ekonomi telah menghantam pembelian produk pertanian AS di Cina.

Laporan itu mengatakan bahwa Cina enggan berkomitmen untuk sejumlah produk pertanian tertentu sebagai bagian dari kesepakatan perdagangan Fase Satu.

Berita itu akhirnya memantik keraguan para pelaku pasar tentang penyelesaian kesepakatan sementara antara Beijing dan Washington.

Sementara itu data dari Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri menunjukkan bahwa aktivitas industri tersier Jepang naik pada bulan September. Indeks aktivitas industri tersier naik 1,8 persen pada basis bulanan di bulan lalu. Para ekonom memperkirakan kenaikan sebesar 1,1 persen.