ForexSignal88.com l Jakarta, 12/11/2019 – Dolar Amerika Serikat (AS) turun terhadap rival utamanya pada hari Senin karena para investor menunggu perkembangan pada front perdagangan AS-Cina setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa ia belum membuat keputusan tentang pengurangan tarif impor pada barang-barang Cina.

Selama akhir pekan, Trump mengabaikan laporan kenaikan tarif yang akan terjadi sebagai bagian dari kesepakatan perdagangan Fase Satu.

Trump juga mengatakan pembicaraan dengan Cina bergerak lebih lambat daripada yang diinginkannya dan Cina dalam posisi sangat ingin membuat kesepakatan.

Komentarnya mengurangi harapan pasar untuk segera tercapainya kesepakatan perdagangan jangka panjang antara Beijing dan Washington.

Data inflasi dari Tiongkok semakin mengangkat kekhawatiran pasar terhadap potensi perlambatan ekonomi. Sementara indeks harga konsumen Cina tumbuh pada laju tercepat dalam sekitar delapan tahun.

Sedangkan indeks harga produsen turun paling banyak dalam lebih dari tiga tahun pada Oktober, indikasi ada masalah permintaan pada tingkat moderat.

Sementara itu data dari Kantor Kabinet Jepang menunjukkan bahwa pesanan mesin inti Jepang menurun secara tak terduga pada bulan September.

Pesanan mesin inti, indikator utama investasi modal swasta, turun 2,9 persen pada basis bulanan, menyusul penurunan 2,4 persen di Agustus.