ForexSignal88.com l Jakarta, 11/02/2020 –  Dolar Amerika Serikat (AS) melanjutkan pergerakan bullish hingga sempat mencapai nilai tukar tertinggi empat bulan terhadap euro pada hari Senin.

Indeks dolar AS, pengukur kinerja mata uang AS terhadap enam mata uang utama, berakhir menghijau 0,17 persen di 98,86.

Laju naik kurs greenback didorong oleh merebaknya kekhawatiran terhadap virus corona sehingga mendongkrak permintaan untuk safe-havens, sementara prospek bullish untuk ekonomi AS dan data yang lemah di zona euro membuat greenback lebih menarik daripada mata uang tunggal kawasan tersebut.

Hingga kemarin, tercatat 40.235 kasus yang dikonfirmasi di Tiongkok dan 909 kematian akibat virus corona, serta 319 kasus di 24 negara lain, termasuk satu kematian. Para investor khawatir penyebaran virus corona akan merusak prospek ekonomi global.

Data ekonomi yang relatif kuat di AS juga membuat greenback lebih menarik. Data pada hari Jumat menunjukkan bahwa pertumbuhan pekerjaan di AS berakselerasi pada bulan Januari.

Sebaliknya, output industri Jerman mencatat penurunan terbesar pada Desember sejak resesi tahun 2009, data pada hari Jumat menunjukkan.