ForexSignal88.com l Jakarta, 09/12/2019 – Dolar AS menguat pada hari Jumat karena data pekerjaan AS yang lebih kuat dari yang diperkirakan pada bulan lalu menegaskan kembali keyakinan pasar bahwa ekonomi AS tetap pada pijakan yang kokoh.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap perdagangan-tertimbang dari enam mata uang utama, naik 0,27% menjadi 97,68.

Ekonomi AS menciptakan 266.000 pekerjaan bulan lalu, melampaui perkiraan ekonom sebesar 186.000.

Tingkat pengangguran secara tak terduga turun menjadi 3,5% dan pertumbuhan upah merosot ke 0,2% pada November, lebih rendah dari ekspektasi 0,3%.

Menyusul laporan pekerjaan yang lebih kuat dari yang diperkirakan itu, Federal Reserve mungkin dapat bersantai sejenak di sela-sela rangkaian pemangkasan suku bunga sebanyak tiga kali di tahun ini.

Selama risiko internasional tidak mengintensifkan dan melukai kepercayaan di dalam negeri, ekonomi AS akan tetap ekspansi, didukung oleh daya beli konsumen yang sehat.

Euro, yang sudah di bawah tekanan setelah data Jerman yang lebih lemah, berakhir turun 0,4% terhadap greenback menjadi $1,1060.