ForexSignal88.com l Jakarta, 07/02/2020 – Dolar AS naik ke level tertinggi empat bulan terhadap euro dan puncak dua minggu terhadap yen pada hari Kamis, didukung oleh data-data ekonomi AS yang kuat baru-baru ini serta kekhawatiran yang tinggi terhadap coronavirus terbaru yang menyerang Cina sejak beberapa minggu lalu.

Yen safe-haven dan franc Swiss berjuang untuk sesi keempat berturut-turut terhadap dolar AS, karena toleransi para investor terhadap risiko semakin meningkat, didorong oleh upaya pemerintah Cina untuk membendung penyebaran virus corona terbaru dan membatasi dampak ekonomi. Mata uang Swiss jatuh ke level terlemah dalam lebih dari seminggu.

Euro, sementara itu, juga jatuh, meluncur ke level terendah empat bulan terhadap dolar AS setelah data Jerman yang buruk, yang sangat kontras dengan laporan ekonomi AS yang lebih kuat minggu ini.

Sedangkan pound sterling jatuh ke titik terendah 6-minggu karena kekhawatiran tentang negosiasi antara Inggris dan Uni Eropa untuk kesepakatan perdagangan pasca-Brexit membuat sentimen investor semakin meredup

Data AS sebagian besar tidak buruk dan sepertinya penyebaran virus corona akan terhambat. Jadi sampai data-data kelak membuktikan bahwa virus tersebut memiliki dampak merusak ekonomi, pasar akan terus fokus pada isu pendapatan perusahaan, yang relatif baik, serta data ekonomi AS yang kuat.