ForexSignal88.com l Jakarta, 06/03/2020 – Dolar Amerika Serikat (AS) tergelincir ke posisi terendah delapan minggu karena para pedagang bertaruh Federal Reserve akan memangkas suku bunga lebih lanjut, setelah memangkas mereka dengan 50 basis poin minggu ini dalam langkah darurat untuk melindungi ekonomi dari efek coronavirus.

Pelonggaran kebijakan moneter di AS dipicu oleh kekhawatiran tentang dampak ekonomi dari coronavirus yang membahayakan reli dolar selama bertahun-tahun dan memberikan dorongan bagi mata uang di seluruh dunia.

Pada hari Kamis, indeks dolar, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, sekitar 0,5% lebih rendah pada 96,85, setelah tergelincir ke level terendah 96,886, terlemah sejak 8 Januari.

Pasar uang menetapkan pemotongan 25 basis poin lagi dari kisaran 1% saat ini menjadi 1,25% pada pertemuan Fed berikutnya pada 18-19 Maret dan pemotongan 50 basis poin pada April.

Virus yang menyebar cepat, yang muncul akhir tahun lalu di Cina tengah, sekarang ada di sekitar 80 negara dan telah menewaskan lebih dari 3.000 di seluruh dunia.

Korban tewas AS akibat infeksi virus corona naik menjadi 11 pada hari Rabu ketika kasus-kasus baru muncul di sekitar New York City dan Los Angeles, sementara para pejabat kesehatan daerah Seattle mencegah pertemuan sosial di tengah wabah terbesar di negara itu.