ForexSignal88.com l Jakarta, 05/11/2019 – Euro turun terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari Senin karena para investor saat itu menunggu pidato pertama Christine Lagarde, mantan bos IMF, sebagai presiden Bank Sentral Eropa (ECB), tetapi berharap bahwa AS dapat memilih untuk tidak mengenakan tarif pada impor mobil Eropa.

Lagarde tidak menyinggung kebijakan moneter dalam pidato pertamanya sebagai Presiden ECB, sebagai gantinya menyerukan "kekuatan, keteguhan hati, dan keberanian" di zona tersebut pada upacara penghargaan untuk mantan Menteri Keuangan Jerman Wolfgang Schaeuble.

"Saya percaya ini adalah pesan yang perlu didengar semua orang Eropa hari ini," kata Lagarde di Berlin Senin malam. "Panggilan untuk mengingat diri kita yang lebih baik dan tidak membiarkan keraguan diri menyeret kita."

Pada hari kerja pertamanya di bank sentral tersebut, wanita Prancis itu tidak menyentuh masalah stimulus moneter – yang biasanya kontroversial di Jerman - dan mengatakan siapa pun yang ingin mendengar pandangannya tentang topik tersebut harus "keluar dari ruangan".

Lagarde bergabung ke dalam institusi ini pada saat krusial, dengan ekonomi zona euro kembali di bawah tekanan dan ECB memberikan tekanan yang meningkat pada politisi untuk bergerak dengan langkah-langkah fiskal dan reformasi struktural.