ForexSignal88.com l Jakarta, 04/02/2020 – Safe-hayen yen Jepang dan franc Swiss melemah pada hari Senin, karena sentimen risiko membaik dan kekhawatiran tentang virus corona mereda setelah Cina mengambil langkah-langkah signifikan untuk meredam dampak ekonomi dari epidemi baru dan berjanji untuk berbuat lebih banyak untuk menahannya.

Yuan Tiongkok offshore jatuh ke level terendah lebih dari tujuh minggu terhadap dolar AS pada hari Senin, tetapi memangkas kerugiannya saat perdagangan sesi New York berlangsung.

Sedangkan yen dan franc, setelah naik ke kurs tertinggi multi-minggu terhadap dolar AS di minggu lalu, didukung oleh ketakutan dunia terhadap coronavirus, keduanya terpaksa mundur kemarin, terkoreksi, karena pasar terlihat mendukung upaya proaktif yang dilakukan Cina.

Bank sentral Cina (PBOC) secara tak terduga menurunkan suku bunga pada reverse repurchase (reverse repo) agreements sebanyak 10 basis poin dan menyuntikkan likuiditas senilai 1,2 triliun yuan ($174 miliar) ke pasar pada hari Senin.

Pihak berwenang Cina juga berjanji untuk menggunakan berbagai alat kebijakan moneter untuk memastikan likuiditas tetap cukup memadai dan mendukung perusahaan-perusahaan yang terkena dampak epidemi virus. Wabah virus corona sejauh ini telah merenggut 361 nyawa di Cina dan 1 di Filipina.