ForexSignal88.com l Jakarta, 03/02/2020 – Safe-haven yen Jepang dan franc Swiss melonjak ke kurs tertinggi multi-pekan pada hari Jumat karena kekhawatiran tentang dampak ekonomi global dari wabah coronavirus terbaru di Cina semakin intensif.

Yen naik ke kurs tertinggi tiga minggu terhadap dolar Amerika Serikat (AS), sementara franc Swiss naik ke puncak dua minggu.

Sedangkan dolar Australia jatuh ke level terendah empat bulan terhadap dolar AS, sementara yuan Cina offshore berusaha untuk menahan tekanan yang menyertai wabah virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Kamis malam bahwa wabah coronavirus menjadi keadaan darurat global, mendorong AS dan negara-negara lain untuk memperketat pembatasan perjalanan pada hari Jumat.

Ketiga maskapai utama AS yaitu United Airlines Holdings Inc, Delta Air Lines Inc, dan American Airlines Group Inc, mengumumkan pembatalan penerbangan ke Cina daratan pada hari Jumat setelah Departemen Luar Negeri AS menaikkan status travel warning (peringatan perjalanan) karena kekhawatiran terhadap coronavirus.