IMF: Wabah Corona Jadi Resiko Untuk Pemulihan Ekonomi Global

ForexSignal88.com l Jakarta, 20/02/2020 – Dana Moneter Internasional (IMF) mengingatkan bahwa epidemi virus corona telah mengganggu pertumbuhan ekonomi China dan penyebaran lebih lanjut ke negara-negara lain dapat menggagalkan pemulihan ekonomi global tahun 2020.

Mengutip Reuters, Rabu (19/2), dalam catatan yang disiapkan untuk para menteri keuangan G20 dan gubernur bank sentral, IMF memetakan sejumlah risiko global termasuk virus corona yang menyebar cepat dan lonjakan baru dalam ketegangan perdagangan AS-China serta bencana alam yang terkait dengan perubahan iklim.

Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari 20 negara industri maju akan berkumpul di Riyadh, Arab Saudi, akhir pekan ini di tengah berlanjutnya ketidakpastian tentang dampak virus corona (Covid-19). IMF mengatakan tetap berpegang pada perkiraan Januari untuk pertumbuhan ekonomi global tahun ini sebesar 3,3%, naik dari 2,9% pada 2019.

Tetapi IMF mengatakan pemulihan akan dangkal dan risiko tetap condong ke downside. “Pemulihan bisa tergelincir oleh kenaikan tajam dalam risiko, dipicu misalnya oleh eskalasi ketegangan perdagangan, atau penyebaran lebih lanjut dari virus corona,” kata IMF.

Televisi pemerintah China mengutip pernyataan Presiden China Xi Jinping yang mengatakan bahwa China masih dapat memenuhi target pertumbuhan ekonominya untuk tahun 2020 meskipun ada virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *