Imbas Perang Dagang Konsumen AS Dapat Harga Lebih Mahal, China Susah Ekspor

ForexSignal88.com l Jakarta, 07/11/2019 – Studi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dirilis Selasa (5/11) menunjukkan, perang dagang antara Amerika Serikat dan China memangkas impor barang-barang China oleh Amerika Serikat lebih dari seperempat atau sekitar US$ 35 miliar pada paruh pertama tahun ini dan menaikkan harga bagi konsumen Amerika.

China dan AS telah bersitegang dalam perang dagang selama 16 bulan terakhir meski ada harapan kesepakatan awal yang akan ditandatangani bulan ini.  Jika itu gagal, hampir semua barang impor China ke Amerika Serikat senilai lebih dari US$ 500 miliar bisa terpengaruh.

Mengutip Reuters, berdasarkan studi yang dirilis United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) menunjukkan, sepanjang Januari-Juni 2019, impor Amerika Serikat dari China yang dikenakan tarif nilainya turun menjadi US$ 95 miliar dari periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 130 miliar.

“Secara keseluruhan, hasilnya menunjukkan bahwa tarif AS terhadap barang-barang impor China secara ekonomi merugikan kedua negara,” menurut laporan tersebut seperti dikutip Reuters. “Kerugian AS sebagian besar dengan harga di konsumen yang lebih tinggi, sementara kerugian China terkait penurunan ekspor yang signifikan.”  

Seiring waktu, perusahaan-perusahaan China mulai menyerap beberapa biaya tambahan dari tarif melalui penurunan harga ekspor sebesar 8% pada kuartal II-2019, tetapi masih menyisakan sebesar 17% yang dibebankan ke konsumen AS,” tulis laporan Alessandro Nicita, ekonom UNCTAD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *