Hubungan Antara Teknikal dan Fundamental

ForexSignal88.com l Jakarta, 12/02/2018 – Apakah kejadian fundamental mendorong analisa atau pergerakan secara teknikal atau sebaliknya? Dalam jangka pendek, fundamental kuat tidak selalu menunjukkan pola teknikal yang kuat atau sebaliknya. Seringkali, teknikal dapat terus mengikuti pola yang kuat atau lemah saat fundamental berada pada level pembalikan arah tren, yang dapat menyebabkan keduanya tidak sinkron. Selain itu, teknikal bisa jadi tidak sinkron dengan fundamental saat ada kejutan di pasar saham, baik positif maupun negatif.

Saham cenderung mengikuti teknikal dalam jangka pendek kecuali ada kejutan yang tak terduga. Misalnya, ada kalanya saham mulai bergerak sebelum pengungkapan material baru ke publik. Tidak adanya perdagangan orang dalam atau pengungkapan yang tidak benar dengan tidak mengikuti aturan otoritas, analis teknikal mengatakan bahwa Anda dapat merespons secara real time terhadap harga saham dan tidak perlu menunggu tanggal pelaporan atau pengungkapan berita berikutnya, karena grafik sudah menafsirkan sentimen pasar, jadi mengikuti grafik akan menghasilkan keuntungan lebih tinggi.

Analis teknikal percaya bahwa saham akan tetap bergerak bahkan tanpa pengungkapan karena pemasok, pesaing dan karyawan, dan semua keluarga dan teman mereka, berinvestasi di perusahaan dan tanpa memerlukan informasi dari dalam, memahami bagaimana perusahaan tersebut berjalan baik. Aktivitas jual beli ini menentukan bagan dan pola saham, dan mencerminkan perilaku saham secara real-time.

Ada kalanya pasar dikejutkan oleh pengungkapan baru, grafik teknikal mungkin gagal, setidaknya pada awalnya. Untuk kemudian meninjau fundamental dapat menyebabkan keuntungan jangka panjang dengan memanfaatkan mispricing jangka pendek ketika sebuah kejutan menyebabkan pasar bereaksi berlebihan. Berita bersifat sementara dan mungkin berdampak positif atau negatif terhadap fundamental saham, jadi mengikuti fundamental setelah munculnya kejutan mungkin lebih berhati-hati. Setelah itu, dengan menggunakan analisa teknikal dapat memberikan kesempatan untuk memanfaatkan koreksi atau rebound setelah berita tersebut diserap. Karena itu, meski keduanya sudah tidak sinkron dalam jangka pendek, teknikal dan fundamental harus sinkron dalam jangka panjang. Itu karena dalam jangka panjang, fundamental harus menang dan menggerakkan teknikal.

Sumber Gambar: javestock.com

{loadposition socialshare}

Artikel Terkait Lainnya

 

{loadposition artikelterkait}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *