HOT ISSUES: Diplomasi Perang Dagang Sepertinya ‘GAGAL’

ForexSignal88.com l Jakarta, 11/10/2019 – Perundingan tingkat deputi antara AS dan China yang berlangsung pada pekan ini dikabarkan gagal untuk mencapai kemajuan terkait isu-isu kritis.  Melansir Reuters yang mengutip South China Morning Post, saat perundingan tingkat deputi AS dan China yang berlangsung Senin dan Selasa di Washington, China menolak membicarakan soal transfer teknologi.

Padahal, isu ini yang menjadi pokok permasalahan yang diangkat AS terkait kebijakan ekonomi China.  Dua orang sumber South China Morning Post memberitakan, pembicaraan kedua belah pihak juga membahas soal subsidi negara.

Kebijakan ini, menurut pemerintahan Trump, memberikan keuntungan yang tidak adil bagi perusahaan China terhadap pesaing internasional.  “Tidak ada kemajuan sama sekali,” jelas salah satu sumber South China Morning Post.  

Atas kondisi tersebut, menurut South China Morning Post, Wakil Perdana Menteri China Liu He yang dijadwalkan bertemu dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin pada hari Kamis, tidak lagi berencana untuk tetap di ibukota AS untuk pertemuan pada hari Jumat.

{loadposition socialshare}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *