TradingOil Minyak Mentah

Harga Minyak Dunia Naik Tipis Lebih Dari Satu Persen Didukung Penurunan Stok AS

Forexsignal88.Com – Harga minyak mentah dunia naik lebih dari satu persen pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), didorong penurunan persediaan minyak mentah AS dari rekor tertinggi dan serangkaian data manufaktur positif, tetapi lonjakan kasus virus corona membatasi kenaikan. 

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September naik 76 sen atau 1,8 persen, menjadi ditutup pada 42,03 dolar per barel. Sementara itu, minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus naik 55 sen atau 1,4 persen menjadi menetap pada 39,82 dolar AS per barel. 

Persediaan minyak mentah AS berkurang lebih besar dari yang diperkirakan, turun 7,2 juta barel pekan lalu, setelah mencapai tertinggi sepanjang masa selama tiga minggu berturut-turut, data Badan Informasi Energi AS (EIA) menunjukkan. 

Para analis memperkirakan penurunan 710.000 barel. “Impor dari Saudi jatuh hingga mencapai jumlah kecil dan saya pikir penurunan (stok) ini akan menjadi yang pertama dalam serangkaian penurunan,” kata Phil Flynn, analis senior di Price Futures di Chicago. 

Sebagian besar penurunan juga dikaitkan dengan kilang-kilang yang meningkatkan produksi mereka setelah mengurangi operasi selama musim semi ini karena pandemi, sehingga tingkat pemanfaatan kilang naik 0,9 poin persentase menjadi 75,5 persen, tertinggi sejak awal April.