Harga Minyak Dunia Melejit Lebih Dari 3% Pasca Serangan Iran

Forexsignal88.Com – Harga minyak melesat setelah adanya laporan bahwa Iran menyerang pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak pada Rabu (8/1) pagi. Hari ini pukul 7.12 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) melonjak 3,41% ke US$ 64,84 per barel dari harga penutupan kemarin pada US$ 62,70 per barel. 
 
Harga minyak acuan AS ini kembali menyentuh level tertinggi sejak April 2019. Kantor berita Iran, Mehr melaporkan bahwa Islamic Revolutionary Guard Corps telah menargetkan pangkalan Al Asad ini. Belum jelas tingkat kerusakan atau jumlah korban akibat serangan ini. 
 
Stephanie Grisham, jurubicara Gedung Putih mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump telah mendapatkan laporan ini. “Kami telah mengetahui serangan di fasilitas AS di Irak. Presiden telah diberi laporan dan memonitor situasi dan berkonsultasi dengan tim keamanan nasional,” kata Grisham dalam laporan yang dikutip Reuters. 
 
Kemarin, Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan bahwa AS mengantisipasi pembalasan Iran setelah pembunuhan komandan Qassem Soleimani. “Kami telah mempersiapkan segala kemungkinan dan akan menanggapi apa pun yang mereka lakukan,” kata Esper kemarin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *