Harga Minyak Berpotensi ‘NAIK’, 2 Kilang Minyak Armco DiBOM

Forexsignal88.Com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan bahwa Iran bertanggungjawab atas serangan pesawat tanpa awak atau drone terhadap fasilitas kilang minyak Arab Saudi. Serangan tersebut memaksa Saudi Aramco yang merupakan pengelola kilang tersebut harus menutup separuh produksi. 

Mengutip CNBC, Minggu (15/9/2019), penutupan kilang minyak ini akan berdampak pada hampir lima juta barel produksi minyak mentah per hari, sekitar 5 persen dari produksi minyak harian dunia. “Hampir 100 persen, Teheran berada di balik hampir serangan terhadap Arab Saudi sementara Rouhani dan Zarif berpura-pura terlibat dalam diplomasi,” kata Pompeo dalam unggahan di twitternya. 
Iran kini telah meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pasokan energi dunia, Tidak ada bukti serangan datang dari Yaman.” tulis dia. Gedung Putih mengutuk serangan itu dan mengatakan Presiden Donald Trump berbicara dengan Putra Mahkota Mohammad bin Salman untuk menawarkan dukungan AS untuk pertahanan Arab Saudi. 
 Tindakan kekerasan terhadap wilayah sipil dan infrastruktur yang vital bagi ekonomi global hanya memperdalam konflik dan ketidakpercayaan. Pemerintah Amerika Serikat sedang memantau situasi dan tetap berkomitmen untuk memastikan pasar minyak global stabil dan dipasok dengan baik, ”kata Gedung Putih. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *