Harga Minyak Berhasil Keluar dari Tekanan Turun, Kembali Menanjak ke Kisaran Harga $41-42

Forexsignal88.com – Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) melemah ke $40.88, turun 0.10%, sementara menuju perdagangan sesi Eropa. Minyak benchmark Amerika Serikat ini berhasil mendapatkan keuntungan sebentar selama dua hari terakhir namun perdagangan sesi Asia yang tenang kelihatannya membatasi pergerakan selanjutnya.

Sebagai akibatnya, mata para trader terfokus kepada data dari American Petroleum Institute (API) untuk mendapatkan petunjuk yang baru. Memasuki perdagangan sesi Amerika Serikat, harga minyak berbalik naik lagi ke atas $41, ke sekitar $41.50, karena melemahnya dolar AS.

Penurunan harga minyak disebabkan karena kenaikan produksi dari Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) yang digerakkan oleh Arab Saudi. Ditambah lagi dengan kenaikan infeksi Covid-19 secara global yang membuat pemulihan ekonomi mengalami perlambatan dan terancam berhenti.

Faktor yang membuat naik harga minyak adalah berita bahwa produksi minyak Rusia turun sebanyak 16% pada bulan Juli berdasarkan data dari kementerian Energi Rusia sebagaimana yang dilaporkan oleh Reuters.