Harga Logam Kuning Stabil Sejak Pagi, Pasar Terus Monitor Perdagangan Global

ForexSignal88.com l Jakarta, 29/05/2019 – Harga emas mantap pada hari Rabu, karena kekhawatiran ekonomi global menekuk risk appetite (selera pasar terhadap aset berisiko) tetapi dolar AS yang kuat membatasi keuntungan emas.

Mata uang AS bersaing dengan emas untuk mendapatkan preferensi para investor sebagai aset safe haven.

Harga emas spot naik 0,1% lebih tinggi menjadi $1.279,76 per ounce. Pada sesi sebelumnya, harga logam ini telah tergelincir dari puncak 1 minggu Senin di $1.287,32 tetapi memantul pada support di sekitar $1.275.

Harga emas berjangka AS naik 0,2% pada $1.279,20 per ounce. Aset safe haven terlihat terus diburu sementara saham-saham Asia jatuh pada hari Rabu karena para investor cemas atas prospek pertumbuhan dunia di tengah berlanjutnya ketegangan perdagangan AS dan China.

Presiden AS Donald Trump mengatakan dalam konferensi pers dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada hari Senin bahwa dia “tidak siap untuk membuat kesepakatan dengan China”.

Pernyataan Trump dipandang sebagai pukulan baru terhadap harapan resolusi dalam perang perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia.

Menurut pendapat Daniel Hynes, analis ANZ, sementara terlihat beberapa pembelian safe haven emas, aksi tersebut tertahan karena dolar AS mendapatkan preferensi sebagai aset safe haven.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *