Harga Emas Akan Bergantung Kepada Perkembangan Pandemi, Politik dan Stimulus AS

Forexsignal88.Com – Harga emas melonjak karena aliran safe-haven karena kasus virus korona tumbuh secara eksponensial di seluruh AS. Tantangan ekonomi tumbuh karena negara bagian dan kota-kota AS memperketat pembatasan, yang seharusnya terus menekan Kongres untuk memberikan lebih banyak bantuan. Namun juga kita lihat secara pergerakan harga, kenaikan ini tidak terlihat pada grafik mingguan.

XAU/USD sebenarnya turun melemah dan bergerak terombang ambing diantara level mingguan terendah pada harga $1850 dan level tertinggi mingguan pada harga $1965 yang masih gagal ditembus pekan lalu.

Arus penurunan mingguan terbesar untuk emas sejak Maret dipicu oeh berita mengenai vaksin. Ada bank sentral dunia yang menyambut baik berita vaksin tersebut, tetapi menyoroti risiko jangka pendek terhadap prospek global. Virus yang menyebar ke seluruh AS akan memaksa Kongres untuk menyediakan lebih banyak akomodasi

AS terus melaporkan rekor infeksi virus korona. Pada hari Jumat, negara tersebut menginformasikan lebih dari 184 ribu kasus baru dalam 24 jam terakhir, sementara Presiden AS Donald Trump mengumumkan distribusi vaksin COVID-19 dalam waktu dekat. Pengumuman itu diambil dengan sedikit garam dan dianggap sebagai gerakan politik. Pemilu tetap tidak ditentukan karena Trump menolak untuk menyerah dan melanjutkan pertarungan hukumnya.

Beberapa negara bagian AS telah mengumumkan langkah-langkah untuk memerangi wabah virus korona yang sedang berlangsung, mengumumkan jam malam, dan bahkan penguncian lokal. Sistem kesehatan tidak ditekankan di AS, tetapi dengan laju penularan saat ini, tidak akan butuh waktu lama. Di Eropa, situasinya hampir sama, meskipun sistem kesehatan berada di ambang kehancuran.

Politik AS Berlanjut

Dari sisi terkait politik di Amerika Serikat sendiri, Administrasi Biden memulai proses pengumuman pengangkatan kunci. Presiden terpilih Biden menunjuk Ron Klain sebagai Kepala Staf. Klain adalah Tsar Ebola pada tahun 2014 dan memberi sinyal bahwa Biden membuat janji temu yang dapat memulai. Pejabat kesehatan menerima keputusan Biden untuk memilih Klain karena dia berhasil membuat berbagai agensi bekerja sama.

Wall Street akan mencermati pilihan Menteri Keuangan Biden karena mereka akan memiliki tugas sulit untuk mendukung pasar tenaga kerja yang berisiko mengalami kerusakan permanen, menjembatani kesenjangan ketimpangan kekayaan, dan mendorong inisiatif perubahan iklim.

Analisa XAU/USD Pekan Ini