Good News atau Bad News Nih? Negosiasi Perang Dagang Dimulai Lagi di September

ForexSignal88.com l Jakarta, 02/08/2019 – Negosiator perdagangan Amerika Serikat (AS) dan China mengakhiri pembicaraan perdagangan singkat pada Rabu (31/7) dengan sedikit tanda kemajuan. Dua raksasa ekonomi dunia itu setuju bertemu lagi pada bulan September 2019. Ini sekaligus memperpanjang gencatan senjata dalam perang dagang yang telah berlangsung lebih dari setahun ini.

Reuters melaporkan, Gedung Putih dan Kementerian Perdagangan China masing-masing menggambarkan pertemuan di Shanghai sebagai hal yang konstruktif. Namun tidak ada yang mengumumkan perjanjian atau isyarat niat baik yang mungkin telah membuka jalan bagi pembicaraan yang lebih substantif di masa depan.

Kedua pemerintahan telah mengenakan tarif miliaran dolar untuk barang satu sama lain. Perang tarif dagang mengganggu rantai pasokan global dan mengguncang pasar keuangan. Dana Moneter Internasional (IMF) telah mengingatkan bahwa sengketa perdagangan akan mengurangi 0,2% dari output global.

Kekhawatiran akan minimnya kemajuan dalam perundingan dagang dua hari di Shanghai, China itu, dapat mengarah pada perang perdagangan yang berlarut-larut dan membebani pasar global. Dua orang sumber yang akrab dengan pembicaraan itu mengatakan, AS dan China sebagian besar berfokus pada isyarat niat baik termasuk pembelian kedelai, daging babi, etanol dan komoditas lainnya dari AS oleh China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *