Emas Gold

GOLD: XAU/USD Mengincar Data NFP

Forexsignal88.Com – Di tengah perdagangan minggu ini, harga satu ons emas turun ke level support $1751, terendah dalam hampir tiga bulan. Emas kemudian menetap di sekitar $1777 per ounce pada saat penulisan analisis. Sentimen terhadap logam mulia telah meningkat di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung seputar penyebaran varian Delta Covid di Asia dan Inggris. Namun, kenaikan kemungkinan akan dibatasi mengingat kekuatan dolar AS dan kenaikan kuat dalam ekuitas.

Menurut pengamatan analis, kerugian yang dialami logam kuning pada Juni 2021 menjadi yang paling signifikan dalam lebih dari 8 tahun. Emas mengalami penurunan bulanan yang begitu besar di musim semi 2013.

Bulan-bulan paling sukses untuk logam mulia di paruh pertama tahun ini adalah April dan Mei. Akibatnya, emas berakhir di wilayah positif, berkat aset tersebut berhasil memasuki dinamika positif pada kuartal kedua. Selama periode ini, emas melonjak sekitar 5%.

Saat ini investor semakin berhati-hati menjelang laporan NFP hari ini. Angka-angka optimis dapat meningkatkan tekanan pada The Fed untuk menaikkan suku bunga, berdampak negatif pada emas.

Data dari perusahaan pengolah data ADP menunjukkan bahwa perusahaan swasta di Amerika Serikat mempekerjakan 692 ribu pekerja pada Juni, lebih tinggi dari yang diperkirakan saat menambah 600 ribu. Namun, pekerjaan di bulan Juni jauh di bawah 886.000 pekerjaan yang direvisi turun di bulan Mei. Di sisi lain, menurut laporan yang dikeluarkan oleh Institute of Supply Management (ISM), MNI Chicago Business Barometer datang dengan pembacaan 66,1 untuk bulan Juni, turun dari pembacaan 75,2 di bulan sebelumnya.

Data dari National Association of Realtors (NAR) menunjukkan penjualan rumah tertunda AS naik 13,1% YoY di Mei, setelah naik 51,7% di April. Investor sekarang sedang menunggu data penting Nonfarm Payrolls Juni, yang akan dirilis pada hari Jumat (2 Juli).

Pada Jumat pagi, emas terus mempertahankan jalur kenaikan yang diambil sehari sebelumnya. Katalis utama kenaikan harga adalah meningkatnya ketakutan tentang penyebaran aktif varian baru virus corona Delta.

Beberapa negara secara serius mempertimbangkan untuk memberlakukan penguncian baru. Hal ini dapat memperlambat pemulihan kegiatan ekonomi, yang akan memiliki efek menguntungkan pada harga aset safe-haven, termasuk emas.

Analisa Teknikal Emas