emas batangan - XAUUSD

Gold Update: Harga Emas Mulai Naik Lagi, Tapi Apakah Akan Cukup Kuat?

Laporan tersebut menyatakan bahwa Indeks Harga Konsumen naik 0,4% pada Agustus setelah meningkat 0,6% selama dua bulan berturut-turut. Ekonom mengharapkan harga konsumen naik 0,3%.

Tidak termasuk harga pangan dan energi, harga konsumen inti masih naik 0,4% pada Agustus setelah kenaikan 0,6% pada Juli. Harga konsumen inti diperkirakan naik 0,2%.

Menambah keuntungan, Federal Reserve AS mengadopsi target inflasi rata-rata. Bank Sentral Eropa mengharapkan pertumbuhan PDB kuartal keempat sebesar 3,1%, turun dari 3,2% pada bulan Juni.

Perkiraan untuk tahun ini direvisi naik untuk menunjukkan kontraksi sebesar 8%, bukan 8,7%, sebagian besar disebabkan oleh pertumbuhan pada kuartal ketiga. Jerman menaikkan ekspektasi tahun ini. tetapi dipangkas tahun depan (5%, bukan 5,2%).

Secara keseluruhan, ECB tampaknya tidak terlalu terganggu oleh hilangnya momentum dalam data survei. Lagarde menggemakan komentar Lynn dan mengatakan bahwa Bank Sentral Eropa akan “mengawasi dengan hati-hati” dampak Euro terhadap inflasi.

Analisa Teknikal XAU/USD Hari Ini

Sekali lagi ada pandangan bahwa saat iin XAU/USD akan stabil bullish jika berada diatas harga $1900. Dengan kelanjutan dan kelangsungan faktor-faktor yang disebutkan di atas, kenaikan harga emas masih akan memiliki kendali penuh atas kinerja dan siap untuk mendorong emas ke level yang lebih tinggi, yang terdekat sekarang masing-masing pada tahun 1955, 1970, dan 2000.

Tidak akan ada reversal dari tren naik saat ini tanpa bearish menggerakkan harga di bawah level $1900. Pergerakan tenang untuk emas diperkirakan hari ini mengingat tidak adanya rilis penting dan berpengaruh dari kalender ekonomi, dan selera risiko investor akan berdampak paling besar pada logam kuning. Perhatikan level-level harga resistance dan support ini. Support kuat sementara akan ada pada level harga $1928 sedangkan di sisi atasnya, level resistance ada pada harga $1968 dan $1990.

Sumber: Cnbc.Com, Reuters.Com, Marketwatch.Com